Labels

Saturday, October 6, 2018

JANGAN TERGODA ADSENSE

Oleh Irwandi Fahruddin
"Jangan tergoda adsense. Bila karyamu masih belum berkualitas jangan terlalu berharap banyak. Adsense itu hanyalah bonus karena karyamu bisa diterima di kalangan luas. Tanpa adsense pun kamu masih bisa sukses. "

Begitu kira-kira kalimat yang saya terima saat bertanya mengenai adsense kepada salah seorang teman. Ya, dia sudah mendapatkan puluhan juta dari karyanya di internet melalui adsense. Tak tanggung-tanggung uangnya digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Semacam pekerjaan saja itu adsense. Padahal setiap hari kerjanya cuman menulis lalu post di blog lalu buat konten youtube yang menurut saya "kurang berfaedah" karena reupload melulu. Tapi lama-lama kata "adsense" itu mulai menggoda. Segala kenyamanan muncul di benak. Dan pada suatu hari mulailah saya mencoba menaklukkan rasa penasaran. Akhirnya saya berkarya, berkarya dan berkarya.

Seminggu berlalu yang melihat karyaku masih sangat sedikit. Sebulan, dua bukan bahkan setahun masih belum ada apa-apa. Adsense belum aktif. Hingga tahun kedua akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Akun adsense saya akhirnya aktif. Semangat berkarya pun semakin menggebu-gebu. Setiap hari menulis di blog, setiap minggu upload video di youtube. Dunia ini terasa indah.

Sebulan berlalu adsense masih tipis. Hanya di angka Rp.1350. Ya hanya itu. Setahun berlalu naik sedikit ke angka Rp.10.000. Putus asa sepertinya sudah mendekat. Semakin lama semakin tidak fokus. Ditambah lagi beban pekerjaan di kantor yang semakin mengerikan. Stop.

Lama vakum dari dunia kreasi, tiba-tiba salah seorang teman menawarkan pekerjaan. Karanya daripada cari orang lain lebih baik teman sendiri. Pekerjaan itu adalah membuat sebuah video tentang profil perusahaan. Durasi 20 menit dengan bayaran sebesar 12 juta rupiah. Mata saya menyala, telinga saya terbakar, semangat saya membara. Akhirnya saya menerima tawaran itu dan selesai tepat waktu. Tak hanya itu, pimpinan perusahaan tersebut puas dengan hasil karya saya. Good.

Setelah pekerjaan tersebut ternyata semakin banyak yang datang dengan tujuan yang sama. Namun ada sedikit tambahan, selain video saya juga ditawarkan untuk menulis sebuah kalimat-kalimat untuk iklan sebuah perusahaan. Saya terima tantangan itu. Dan berhasil.

Sudah 3 tahun saya melakoni pekerjaan ini. Hanya sampingan tapi bermanfaat dan tentu mengisi dompet dalam jumlah yang banyak. Lantas bagaimana dengan adsense?. Saya masih rutin berkarya di youtube dan blog. Kenapa? Karena dari sanalah berawal sebuah tawaran pekerjaan sampingan yang menggiurkan ini. Akhirnya setelah bertahun-tahun jumlah rupiah di adsense saya mencapai angka 3 juta rupiah. Itu sangat sedikit. Mengingat perjuangan dan waktu yang cukup lama.

Jangan tergoda adsense teman-teman. Namun bukan berarti hal itu tidak penting. Tetap diaktifkan tapi bukan yang utama. Jangan terlalu berharap banyak dari adsense. Intinya berkaryalah. Seperti kata Raditya Dika: "Jika karyamu bagus, uang akan datang dengan sendirinya."

Yuk berkarya.

Palopo, 7 Oktober 2018.

No comments:

Post a Comment